10 Masjid Tertua di Dunia

10 Masjid Tertua di Dunia ini akan membuat Anda bangga dan bahkan bernostalgia tentang kebesaran Islam di seluruh penjuru dunia. Sejarahnya, kisahnya, kerajaannya, peperangannya yang telah disaksikan oleh sebagian dari masjid tersebut dan sekarang masing berdiri sebagai tonggak bersejarah.

Suatu simbol Muslim era masa lampau, menjadikan kita sebagai Muslim berkeinginan untuk pergi ke sana sekarang juga dan berdoa kepada Allah Yang Maha Besar di masjid-masjid tersebut.

1. Masjidil Haram

Masjid Pertama di Dunia
Sumber Pixabay.com

Masjidil Haram – Masjid Agung Mekah- tanpa ada perselisihan merupakan masjid pertama di dunia. Ia menjadi tempat Nabi Ibrahim dan anaknya, Nabi Ismail, bisa melakukan shalat. Masjidil Haram juga merupakan tempat paling suci dari sekian tempat suci dalam Islam.

Kaum Muslimin di seluruh dunia akan menghadap kiblat ke ke arah Ka’bah 5 kali sehari. Ia merupakan rumah pertama bagi umat manusia yang didirikan untuk beribadah kepada Allah Yang Maha Esa.

2. Masjidil Aqsha (Al-Aqsa Mosque)

Inilah Masjid Tertua di Dunia
Sumber ig: @taqwatravels

Masjidil Aqsha di Yerusalem yang dibangun pada tahun 705 Masehi adalah situs yang sangat penting dan suci dalam Islam. Menurut sebuah Hadits oleh Al Bukhari, Masjidil Aqsha adalah situs paling suci ke-3 dan shalat di sana bernilai 1000 shalat di tempat lain.

Dalam sebuah hadits lain disebutkan bahwa jarak pembangunan Masjidil Haram dan Masjidil Aqsha adalah 40 tahun. Masjid ini merupakan Masjid tempat Nabi kita Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam melaksanakan shalat pada malam Mi’raj.

Masjidil Aqsha juga merupakan arah kiblat pertama selama 17 bulan setelah hijrah ke Madinah. Setelah itu turun wahyu yang mengubah arah kiblat berbalik ke arah Ka’bah.

Masjid Al Aqsha telah bertahan terhadap banyak gempa bumi, perampasan dan dikembalikan ke kejayaannya oleh Shalahudin Al Ayyubi dari tangan tentara salib setelah merebut Yerusalem. Masjid ini adalah masjid yang dipenuhi dengan sejarah dan kebanggaan semua Muslim di seluruh dunia.

3. Masjid Quba’ (Quba Mosque)

Masjid Tertua Ketiga di Dunia
Sumber Ig: @ali.alfurqon

Masjid Quba’ adalah salah satu masjid tertua di dunia. Batu pertama untuk pembangunan Masjid ini diletakkan oleh Nabi kita Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam sendiri pada tahun 622 setelah beliau berhijrah ke Madinah dari Mekah.

Telah disebutkan dalam Hadits Shahih oleh Al Bukhari bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa pergi ke Masjid Quba’ pada hari Sabtu dengan jalan kaki atau berkendara dan menjalankan shalat 2 rakaat di sana.

4. Masjid Nabawi (Al-Masjid An-Nabawi)

Masjid Nabawi Markas Kaum Muslimin
Sumber ig: @madina_photos

Masjid Nabawi juga disebut dengan Masjid Nabi, terletak di Madinah, Saudi Arabia. Dibangun segera setelah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berhijrah ke Madinah dari Mekah, Masjid ini dianggap sebagai tempat kedua paling suci dalam Islam.

Dengan usia 1400 tahun, masjid ini telah mengalami banyak perluasan dari keadaan awalnya yang berstruktur sederhana. Sekarang masjid ini telah menjadi salah masjid terbesar di dunia.

5. Masjid Agung Shan’a (The Great Mosque of Sana’a)

Masjid Tertua di Yaman
Sumber ig: @mbsuiche

Masjid Agung Shan’a yang juga dikenal dengan Al Jami’ Al Kabir bi Shan’a, terletak di Shan’a, Yaman. Masjid ini dibangun selama abad ke 7- 8 Masehi. Masjid ini dibangun di samping lokasi Istana Ghumdan.

Masjid ini memiliki arsitetur yang megah, dibangun dari masa ke masa di era yang berbeda-beda. Renovasi yang cukup besar dilakukan oleh Ratu Arwa bin Ahmad pada tahun1130. Masjid ini juga masuk dalam daftar Warisan Dunia Unesco.

6. Masjid Uqbah bin Nafi’ (Mosque of Uqba)

Masjid Tertua di Tunisia - Masjid Uqbah bin Nafi
Sumber ig: @dansur_14

Masjid Uqbah bi Nafi’ yang juga dikenal dengan Masjid Agung Kairouan terletak di kota Kairouan,Tunisia. Kota ini adalah kota Warisan Dunia UNESCO. Masjid ini dibangun oleh Jenderal Arab Uqbah Ibnu Nafi’ pada tahun 670 M pada saat pendirian kota. Ini adalah Masjid yang penting di Tunisia.

Gaya arsitektur masjid ini diikuti di seluruh wilayah Maghreb. Masjid adalah pusat belajar baik dalam pemikiran Islam dan ilmu umum sebelum universitas-universitas pendidikan berpusat di sekitar Tunis pada abad ke-11.

7. Masjid Bani Umayyah (Ummayad Mosque Syria)

Masjid Umayyah - Tertua di Dunia
sumber ig: @leb.historian

Masjid Bani Umayyah yang juga dikenal sebagai Masjid Agung Damaskus berada di Damaskus, Suriah dan merupakan salah satu masjid tertua yang dibangun pada 634. Masjid ini dibangun setelah penaklukan Arab di bekas situs Basilika yang didedikasikan untuk Nabi Yahya.

Masjid ini telah mengalami banyak dinasti dan periode kekuasaan. Masjid ini merupakan salah satu dari tempat paling menarik yang paling banyak dikunjungi di negeri ini karena arsitekturnya yang sangat indah dan tentu saja iming-iming sejarah.

8. Masjid Jumma Tua Kilakarai (The Old Jumma Masjid of Kilakarai)

Masjid Jumma Tua Kilakarai - PabrikJamMasjid

Masjid ini berada di Kilakarai, Tamil Nadu – juga dikenal sebagai Palaiya Jumma Palli – dibangun pada masa Dinasti Pandiya oleh pedagang Yaman setelah diperintahkan oleh Kaisar Yaman setelah menerima Islam pada periode Nabi.

Dibangun pada tahun 628 dan dibangun kembali pada abad ke-11, Masjid ini berdiri dengan bangga, diuji oleh waktu dan merupakan simbol Islam pada masa jayanya yang menyebar melalui rute laut.

Ibnu Batutah juga menyebut Masjid ini dalam Rihlah-nya yang mengatakan bahwa “orang-orang di sana hidup seolah-olah mereka berada di tanah Arab”.

9. Masjid Agung Kufah (The Great Mosque of Kufa)

Masjid Agung Kufah - The Great Mosque of Kufa Tertua di Kufah
sumber: en.wikipedia.org

Masjid Agung Kufah termasuk masjid bersejarah di Irak. Masjid ini termasuk yang paling terdahulu di dunia Islam. Masjid ini dibangun oleh shahabat Nabi, Saad bin Abi Waqash radhiyallahu ‘anhu tahun 19 H / 739 M.

Masjid ini di kemudian hari menjadi pusat kekhalifahan Ali bin Abi Thalib  radhiyallahu ‘anhu.

10. Masjid Agung Xi’an (Great Mosque of Xi’an)

Foto Masjid Agung Xi'an (Great Mosque of Xi'an) Tertua di xian

Masjid Agung Xi’an di Cina adalah Masjid tertua di Cina. Dibangun dan selesai pada tahun 742 M. Berbeda dengan masjid di seluruh dunia yang ada kubah dan menara, masjid ini dibangun dengan gaya arsitektur pagoda Cina.

Ada juga prasasti Arab di dalam masjid ini. Ini juga merupakan objek wisata bagi orang-orang yang mengunjungi tempat itu.

sumber: https://www.halaltrip.com/ (dengan sedikit perubahan)

Leave a Comment

error: Content is protected !!