10 Masjid Terbesar di Dunia

10 Masjid Terbesar di Dunia – Masjid merupakan tempat suci umat Islam. Tempat di mana umat Islam melaksanakan kewajiban shalat lima waktu sehari semalam. Masjid dalam Islam sebenarnya tidak hanya merupakan tempat ibadah, namun memiliki banyak fungsi. Ini sudah diketahui sejak dari zaman Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Masjid bisa berfungsi sebagai tempat mengajarkan ilmu, melakukan pengobatan, pengembangan ketrampilan, ruang pertemuan untuk musyawarah maupun acara penting lainnya, penampungan sementara untuk para fakir miskin dan para musafir. Dan mungkin masih ada yang lainnya sesuai tingkat perkembangan masyarakatnya.

Bila sedemikian banyak fungsi dari sebuah masjid, maka tidak mengherankan bila banyak masjid yang dibangun di atas area yang sangat luas dengan bangunan yang luar biasa besar dan megah. Berikut ini adalah daftar 10 masjid yang paling besar di dunia secara hitung mundur.

Semoga tulisan ini bisa menambah wawasan kita mengenai masjid-masjid yang memiliki keistimewaan di dunia ini.

10. Masjid Jama atau Masjid Jahan Numa (The Holy Mosque of Delhi)

Jama Mosque - Masjid Terbesar di Delhi
Sumber ig: @jovialholiday

Kapasitas: 25 ribu orang

Masjid Jama atau Masjid-i Jahān-Numā (Persia:مسجد جھان نما, Masjid Cermin Dunia) adalah masjid utama yang berada di kawasan Delhi Tua di India. Masjid ini didirikan oleh Kaisar Mogul, Syah Jehan, yang juga membangun Taj Mahal.

Pembangunan Masjid Jami Delhi dimulai pada hari Jum’at tanggal 19 Oktober 1650 bertepatan dengan tanggal 10 Syawal 1060H. Masjid ini selesai pada tahun 1656 M dan merupakan yang terbesar dan terkenal di India. Masjid Jama sendiri terletak di sisi jalan raya yang sangat ramai di Delhi Tua, yaitu Jalan Chadni Chowk.

Nama yang lain untuk masjid ini adalah Masjid Jami’, dikarenakan masjid ini selalu dipenuhi oleh jamaah pada hari Jumat untuk menunaikan ibadah salat Jumat. Masjid ini dapat menampung sekitar 25.000 jamaah. Masjid Jama sendiri juga menyimpan relik, termasuk manuskrip Al-Qur’an yang tertulis di kulit rusa.[1]

9. Masjid Agung Syaikh Zayed (Sheikh Zayed Mosque)

Masjid Terbesar di Abu Dhabi
Sumber ig: @x.zoeee_

Kapasitas: 40 ribu orang

Masjid Sheikh Zayed (Uni Emirat Arab) berada di peringkat ke-9 di antara masjid terbesar di dunia. Masjid ini terkenal tidak hanya karena ukurannya, tetapi juga karena keindahannya yang menakjubkan. Ini adalah salah satu perhiasan utama kota Abu Dhabi.

Masjid ini mengesankan dengan interiornya: untuk dekorasi bangunan, marmer berwarna dan batu semi mulia digunakan. Selain itu, di sini ada lampu gantung terbesar dan termewah di dunia. Luas masjid adalah 22 ribu meter persegi.

Masjid Sheikh Zayed dibangun dengan 82 Kubah bergaya Maroko dan semuanya dihias dengan batu pualam putih.

Kubah utama masjid ini berdiameter 32.8 meter dan setinggi 55 meter dari dalam atau sekitar 85 meter dari luar. Merujuk kepada Turkey Research Centre for Islamic History and Culture kubah ini merupakan kubah terbesar yang pernah dibuat dalam jenis yang sama. Secara keseluruhan arsitektural masjid Agung Sheikh Zayed dapat disebut sebagai fusi dari arsitektural Mughal, Moorish dan Arab.

Ukuran masjid seluas 22.412 meter persegi itu setara dengan lima lapangan sepak bola dan dapat menampung 40.960 jemaah sekaligus.

Masjid Agung Sheikh Zayed memiliki lebih dari 1000 pilar di area luar yang dilapis dengan lebih dari 20 ribu lembaran pualam dan batu alam polesan.

Di ruang utama terdapat 96 pilar bundar berukuran besar yang kesemuanya di lapisi dengan mother of pearl (ibu Mutiara/nacre). Fitur utama eksterior masjid ini selain 82 kubahnya adalah empat bangunan menara setinggi hampir 107 meter di empat penjuru masjid.

Di sekeliling masjid dibangun rangkaian kolam seluas 7.874 meter persegi yang dibangun menggunakan bahan keramik lantai warna gelap. Kolam kolam ini memantulkan bentuk arkade masjid, memberikan pemandangan spektakuler di bawah siraman cahaya lampu lampu di malam hari.

8. Masjid Al Saleh (The Mosque of Al-Saleh)

Al Saleh Mosque - Masjid Terbesar di Dunia
Sumber ig: @abu_asim2016

Kapasitas: 44 ribu orang

Tempat kedelapan di antara masjid terbesar di dunia adalah milik Masjid Al-Saleh, Masjid Al-Saleh (جامع الرئيس الصالح) adalah masjid yang berada di kota Shan’a, ibu kota Republik Yaman. Masjid ini berdiri megah di kawasan bukit kota tua Shan’a. Nama Masjid Al-Saleh ini diambil dari nama presiden Yaman, Ali Abdullah Saleh.

Masjid Al-Saleh selesai dibangun dan diresmikan pada hari Jum’at 21 November 2008 yang lalu bertepatan dengan bulan Ramadhan, menghabiskan dana sebesar US$60 juta dolar. Masjid Al-Saleh tidak saja dibangun sebagai simbol kekuatan Islam dan Yaman karenanya material yang dipilih dan digunakan untuk membangun masjid inipun menggunakan material yang memiliki daya tahan tinggi terhadap kondisi cuaca yang ekstrem sekalipun.

Keseluruhan bangunan masjid ini menempati area seluas 27.300 m2 dengan tinggi sekitar 24 meter, dilengkapi dengan Fakultas Studi Islam dan Ilmu Pengetahuan Qur’an, pekarangan yang luas, toilet dan area berwudhu di lantai underground, area parkir serta kawasan hijau.

7. Masjid Badshahi (Badshahi Mosque)

Masjid Terbesar di Pakistan
Sumber ig: @mr.hunzai

Kapasitas: 60 ribu orang

Masjid Badshahi, yang terletak di kota Lahore, Pakistan, menempati urutan ke 7 dalam daftar bangunan keagamaan terbesar di dunia Muslim.

Masjid ini dibangun di pertengahan abad XVII atas perintah penguasa terakhir dari dinasti Mogul Besar. Pada saat yang sama masjid ini bisa menampung hingga 60 ribu orang.

6. Makam Imam Reza (Imam Reza Mausoleum)

Masjid Terbesar di Iran
Sumber: e7awi.com

Kapasitas: 100 ribu orang

Tempat keenam di antara masjid-masjid terbesar di dunia adalah kompleks arsitektur dan religius dari makam Imam Reza. Terletak di Iran, di kota Mashhad. Ini termasuk makam imam, serta makam tokoh-tokoh agama Islam yang dihormati, masjid, kuburan, perpustakaan, dan museum. Kompleks makam ini adalah daya tarik wisata utama Iran, yang setiap tahunnya kunjungannya mencapai 20 juta pengunjung.

Ketika pada tahun 818, Imam Reza, yang sangat populer di kalangan masyarakat, terbunuh Dia dimakamkan di dekat makam Harun al-Rashid. Tidak lama kemudian, di sekitar makam tumbuh kota Mashhad. Pembangunan kompleks dimulai pada abad ke-13, pada masa pemerintahan dinasti Timurid. Masjid pertama di tempat pemakaman imam dibangun pada abad XI, tetapi segera dihancurkan. Luas kompleks sekitar 331 ribu meter persegi. Meter. Menyimpan makam 100 ribu orang.

5. Masjid Hassan II (Hassan II Mosque)

Masjid Terbesar di Dunia - Hasan II Maroko
Sumber ig: @belghaliabderrahman

Kapasitas: 105 ribu orang

Masjid Hassan II berada di posisi ke-5 di antara bangunan keagamaan terbesar di dunia Muslim. Terletak di kota Casablanca, Masjid Hassan menarik tidak hanya karena ukurannya yang besar, tetapi juga karena keindahannya – pemandangan Samudra Atlantik yang luar biasa dari aula kaca masjid yang besar itu.

Masjid ini menampung 105 ribu orang. Luas masjid itu sekitar 9 hektar. Fakta yang menarik: total 800 juta dolar yang dihabiskan untuk membangun masjid adalah sumbangan sukarela.

Baca Juga: Pengertian Masjid Menurut Para Ahli

4. Masjid Istiqlal (The Mosque of Independence)

Masjid Terbesar di Indonesia
Sumber: Ig @740aerialvideography

Kapasitas: 120 ribu orang

Masjid Istiqlal atau Kemerdekaan, yang terletak di Indonesia di kota Jakarta, menempati urutan ke-4 di antara masjid-masjid terbesar di dunia. Ketika negara itu memperoleh kemerdekaan pada tahun 1945, peristiwa besar ini diputuskan untuk mengabadikan pembangunan bangunan keagamaan terbesar di Asia Tenggara.

Pembangunan masjid dimulai pada tahun 1961. Masjid ini menampung sekitar 120 ribu pengunjung pada satu waktu sekaligus. Luas masjid adalah 10 hektar.

3. Masjid Faisal

Masjid Terbesar di Pakistan
Sumber ig: @gbtravelguide

Kapasitas: 300 ribu orang

Tempat ketiga di antara masjid terbesar di dunia adalah milik masjid Faisal, yang terletak di Islamabad. Pembangunannya dibiayai oleh pemerintah Arab Saudi. Bangunan masjid terletak di area yang indah.

Patut dicatat bahwa desainnya sangat berbeda dari arsitektur tradisional masjid-masjid Muslim. Yang paling utama, dalam penampilannya, bangunan itu menyerupai tenda orang nomaden Bedouin. Masjid Faisal mampu menampung sekitar 300 ribu orang. Luas masjid adalah 5 ribu meter persegi..

2. Masjid Nabawi (The Prophet’s Mosque)

Masjid Nabawi Terbesar di Dunia
Sumber ig: @madina_photos

Kapasitas: 1 juta orang

Masjid yang terbesar kedua di dunia dan paling penting bagi orang Muslim adalah masjid di Madinah. Ini adalah Masjid Nabi, atau Masjid al-Nabawi. Secara umum diyakini bahwa pembangunan masjid dimulai pada tahun 622 M, dan Nabi Muhammad sendiri berpartisipasi di dalamnya.

Nabi Muhammad dimakamkan di bawah Kubah Hijau. Pada saat yang biasa, Masjid Nabi menampung sekitar 600 ribu orang. Selama musim haji, masjid ini dapat menampung hingga 1 juta orang Muslim. Luas masjid sekitar 400 ribu meter persegi.

1. Masjidil Haram (Forbidden Mosque)

Masjid Pertama di Dunia
Sumber Pixabay.com

Kapasitas: 2 juta orang

Di tempat pertama di antara masjid terbesar di dunia adalah Masjidil Haram. Masjidil Haram, Masjid al-Haram atau al-Masjid al-Haram (bahasa Arab: المسجد الحرام) adalah sebuah masjid yang berlokasi di pusat kota Makkah yang dipandang sebagai tempat tersuci bagi umat Islam.

Masjid ini merupakan salah satu dari 10 masjid tertua di dunia. Masjid ini juga merupakan tujuan utama dalam ibadah haji. Masjid ini dibangun mengelilingi Ka’bah yang menjadi arah kiblat bagi umat Islam dalam mengerjakan ibadah shalat.

Luas keseluruhan masjid ini mencapai 356.800 m2 dengan kemampuan menampung jemaah sebanyak 820.000 jemaah ketika musim haji dan mampu bertambah menjadi dua juta jemaah ketika salat Id.[2]

Luas area kompleks keagamaan ini adalah 357 ribu meter persegi. Tetapi anda perlu mempertimbangkan bahwa masjid ini terus berkembang.

Begitu indahnya Masjidil Haram, sehingga fotonya sering digunakan untuk background jam masjid digital. Tak terhitung berapa banyak jam masjid yang menggunakan fotonya. Terlebih apabila ditambah dengan hiasan lampu, ketika malam hari akan sangat cantik sekali.

Footnote:

[1] https://id.wikipedia.org/wiki/Masjid_Jama

[2] https://id.wikipedia.org/wiki/Masjidil_Haram

Sumber Tulisan: https://www.e7awi.com/top-10-largest-mosques-in-the-world-306783.html (dengan sejumlah tambahan dan perubahan)

Leave a Comment

error: Content is protected !!